Sejarah Perkembangan Blogger Subdomain Blogspot

sejarah-pendiri-pemilik-blogger-blogspot

Sejarah berdirinya blogger-blogspot, blogger awal mulanya dikembangkan dan diluncurkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999 yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003 kemudian benar-benar di host atau "dirumah data-kan" di Google pada tahun 2006. Evan Williams pendiri Pyra Labs kemudian meninggalkan Google pada bulan Oktober 2004. Pada tahun yang sama Google juga membeli Picasa untuk memudahkan pengguna blogger meng-upload foto ke blog.

Perjalanan perkembangan Blogger dari waktu ke waktu


  • 9 Mei 2004 : Memperkenalkan fitur/desain barunya.
  • 14 Agustus 2006 : Meluncurkan versi Beta dengan beberapa pilihan bahasa antar muka beberapa negara.
  • Desember 2006 : Memindahkan ke server Google.
  • September 2010 : Google memperkenalkan fitur baru blogger (Mengedit posting, Meningkatkan Optimasi gambar, Menambahkan Geo targeting, Link edit Compose, Mode preview, dll) sekaligus sebagai perayaan ulang tahun blogger ke 10.
  • 24 Februari 2015 : Pengguna blogger tidak lagi di ijinkan untuk mengirimkan konten seksual, kekerasan, ajakan/tindakan pelanggaran hukum, untuk kemudian diunggah di blogger.
  • 28 Februari 2015 : Mengembalikan kebijakan sebelumnya yang memungkinkan pengguna untuk memberikan informasi kepada blogger bahwa blognya adalah konten dewasa, sehingga membantu blogger.com untuk memilah konten untuk ditayangkan sesuai usia pembaca.


Untuk itu setiap pengguna layanan Blogger diwajibkan memiliki akun Google terlebih dahulu untuk bisa mengakses dashboard/halaman kendali blognya. Untuk 1 akun Google, pengguna diijinkan untuk memiliki hingga 100 blog. Kita cukup membuat 1 akun Gmail dan bisa menikmati seluruh layanan Google lainnya seperti : Blogger, Maps, Youtube, Play, News, Drive, Calender, Gplus, Photo, Business, Shopping, Wallet, Finance, Docs, Books, Contact, Hangouts, Keyword Planner, Adsense.

Pada 1 Mei 2010, pengguna subdomain blogspot.com sudah diperbolehkan untuk menggunakan custom domain, contoh : www.contoh.blogspot.com menjadi www.contoh.com/net/info/id dll. Kurang lebih pada tahun 2015 an subdomain blogspot.com disesuaikan dengan negara pengguna, untuk Indonesia menjadi blogspot.co.id. Bila kita pernah membuat blog pada tahun 2011 maka akan secara otomatis akan di re-direct sesuai negara pengguna.

Blogger pernah diblokir/tidak bisa di akses dibeberapa negara untuk beberapa waktu, nega-negara tersebut adalah : India, Cuba, China, Fiji, Iran, Kazakhstan, Myanmar, Kyrgystan, Pakistan, Turki, Vietnam, Yaman, RRC, Federasi Rusia.

Batasan-batasan dalam layanan Blogger


  • Maksimal penyimpanan konten (gambar, artikel, skrip, dll) 15 G / akun (mode penyimpanan bersama : Docs, Drive, Blogger, Email, dll).
  • Diskripsi blog maksimal 500 karakter.
  • Jumlah blog maksimal 100 / akun.
  • Jumlah label maksimal 5000 label / blog atau 20 label per posting.
  • Ukuran gambar maksimal 250 Kb / gambar jika diupload melalui Blogger Mobile.
  • Ukuran favicon / favorite icon maksimal 100 Kb dengan ukuran gambar persegi dengan format dibatasi.
  • Tim pengelola dalam 1 blog maksimal 100 pengguna.


Bila ada kesulitan dalam pengoperasian blogger, kita bisa berkomunikasi langsung dengan tim support Blogger Product Forum, baik ikut diskusi forumnya maupun berkonsultasi dengan sesama blogger pengguna.

Sumber : Wikipedia, Blogger Buzz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Blogger Subdomain Blogspot"

Posting Komentar